Senin, 18 Februari 2013

CARA MENGHEMAT BATRAI ANDROID




ASSALAMUALLAKUM.....ketahanan baterai menjadi masalah krusial bagi pengguna Android. Performa ponsel yang sangat baik beserta aplikasi segudang tidak akan berarti banyak bila baterai anda cepat habis. Untuk menangani masalah tersebut, Geraeldo.com menyediakan beberapa tips tentang cara menghemat baterai Android. Ini adalah cara yang saya lakukan sendiri dan terbukti lumayan berhasil.




Aktifkan Power Saver saat malam


Anda tidak menggunakan banyak aplikasi saat malam hari. Android telah menyediakan aplikasi power saver secara default dan anda tinggal mengaktifkannya. Ponsel anda akan secara otomatis menghemat daya pada malam hari. Brightness layar akan dikurangi, data akan dimatikan, dan semua konektivitas dimatikan. Sangat berguna untuk menghemat baterai.


Menggunakan Aplikasi Penghemat Daya


Banyak aplikasi di market Android yang berfungsi untuk menghemat baterai. Aplikasi yang saya sarankan adalah GreenPower. Ada juga yang memakai Juice Defender. Software tersebut sangat berguna menghemat baterai Android anda terutama saat siang hari. Contohnya Green Power akan mematikan konektivitas 2G/3G anda saat ponsel dalam keadaan terlock.

Perlu diingat salah satu yang sangat krusial dalam pemakaian baterai adalah konektivitas data yang berjalan terus menerus. Tetapi software tersebut bukan mematikan data total. Tetapi akan secara berkala dihidupkan. Contohnya mati selama 15 menit, hidup 1 menit. Jadi jika anda menggunakan aplikasi email atau chatting, tidak akan terlalu terganggu karena data akan tetap berjalan secara berkala.
Kurangi Brightness Screen

Kira-kira 70% penggunaan baterai digunakan untuk layar. Layar yang terang jelas membutuhkan banyak daya. Karena itu kurangi secara manual brightness screen anda untuk menghemat baterai Android anda. Dengan pengkonsumsi terbesar dikurangi, akan sangat signifikan untuk penghematan.

Kurangi Banyak Animasi


Contohnya penggunaan live wallpaper dengan animasi berlebih akan banyak mengkonsumsi baterai anda mulai dari tampilan layar ke daya yang dibutuhkan untuk memprosesnya. Sebisa mungkin gunakan theme yang simple tetapi tetap menunjukkan sisi elegan.

Tambah Durasi Pengecekan Aplikasi


Misalnya aplikasi Twitter anda diset untuk mengecek twit baru setiap 15 menit. Menambahnya ke 30 menit akan mengurangi konsumsi dayanya 2 kali lipat. Gunakan juga untuk aplikasi lain yang menggunakan konektivitas secara berkala.

Sekian cara menghemat baterai Android.

SMOGA BERMANFAAT,...
Share:
Related Posts Widget For Blogger with ThumbnailsBlogger Templates

0 komentar:

Posting Komentar

BUDAYAKANLAH BERKOMENTAR YANG BAIK, SOPAN DAN BERMANFAAT.
MOHON MAAF APA BILA KAMI ADA SALAH-SALAH KATA DALAM BERPOSTING,... ^_^
KARNA KESEMPURNAAN HANYA LAH MILIK ALLAH SWT,...